Perkembangan Aplikasi Berbasis Android

 Dijaman yang modern ini perkembangan teknologi sudah sangat berkembangan, banyak orang yang memanfaatkan hal ini dengan berkontribusi dalam perkembangan teknologi saat ini, seperti penggunaan smartphone berbasis android maupun IOS. Penggunaan smartphone berbasis android dan IOS sangat membantu manusia dalam berbagai hal dan bermacam aspek, selain penggunaannya yang mudah dan juga praktis dapat dibawa kemana-mana. Namun dengan perkembangan teknologi juga membuat manusia lalai dalam urusan agama, teknologi membuat manusia terlalu sibuk dengan urusan duniawi dan melupakan akhirat, dan bahkan juga lupa akan waktu sholat, dengan hal tersebut dibutuhkan sebuah aplikasi yang tidak hanya membantu kita dalam hal duniawi saja namun juga membantu kita pada akhirat oleh karena itu di perlukan aplikasi yang menentukan kearah kebaikan aplikasi yang dapat mengingatkan kita pada waktu shlat dan sekaligus penentu arah kiblat yang dapat membantu kita dalam beribadah. Maka dari itu penulis menulis makalah "perancangan aplikasi mobile Yuk Sholat". 


A. Agile Method

Merupakan salah satu dari beberapa metode yang digunakan dalam pengembangan software. Agile method adalah jenis pengembangan sistem jangka pendek yang memerlukan adaptasi cepat dan pengembangan terhadap perubahan dalam bentuk apapun. Agile Developmen Method memiliki 12 prinsip, yaitu :


1. Prioritas utama proses Agile adalah memuaskan klien dengan menghasilkan perangkat lunak yang bernilai dengan cepat dan rutin.

2. Menyambut perubahan kebutuhan, walaupun terlambat dalam pengembangan perangkat lunak, proses Agile memanfaatkan perubahan untuk keuntungan kompetitif klien.

3. Menghasilkan perangkat lunak yang bekerja secara rutin, dari jangka waktu beberapa minggu sampai beberapa bulan, dengan  preferensi kepada jangka waktu yang lebih pendek.

4. Rekan bisnis dan  pengembang perangkat lunak harus bekerja sama tiap hari sepanjang proyek.

5. Kembangkan proyek di sekitar individual yang termotivasi. Berikan mereka lingkungan dan dukungan yang mereka butuhkan dan   percayai mereka untuk menyelesaikan pekerjaan dengan baik.

6. Metode yang paling efisien dan efektif untuk menyampaikan informasi dari dan dalam tim pengembang perangkat lunak adalah   dengan   komunikasi   secara langsung.

7. Perangkat lunak yang bekerja adalah ukuran utama kemajuan.

8. Proses Agile menggalakkan pengembangan   berkelanjutan.  Sponsor-sponsor, pengembang-pengembang,  dan pengguna-pengguna   dapat mempertahankan kecepatan tetap secara berkelanjutan.

9. Perhatian yang berkesinambungan terhadap keunggulan teknis dan rancangan yang baik meningkatkan Agility.

10. Kesederhanaan (memaksimalkan sumber daya yang tersedia) adalah hal yang amat penting.

11. Arsitektur, kebutuhan, dan rancangan perangkat lunak terbaik muncul dari tim yang  yang dapat mengorganisir diri sendiri.

12. Secara berkala, tim pengembang berefleksi tentang bagaimana untuk menjadi lebih efektif, kemudian menyesuaikan dan   menyelaraskan kebiasaan bekerja mereka


B. Dynamic   System   Development Method (DSDM)              

Method yang digunakan dalam pengembangan   aplikasi   ini   adalah Dynamic   System  Developmen  Method (DSDM). Pada  Dynamic   System Development   Method   menyajikan kerangka   kerja   (framework)   untuk membangun   dan   memelihara   system dalam   waktu   yang   terbatas   melalui penggunaan   prototyping   yang incremental   dalam   lingkungan   yang terkondisikan.   Metode   ini   akan membangun   software   dengan   cepat 80% dari proyek diserahkan dalam 20% dari   waktu   total   untuk   menyerahkan proyek secara utuh.


Dynamic System Development Method memiliki beberapa aktivitas seperti :


1.       Feasibility study 

siapkan   requirement,  dan  batasan,   lalu uji   apakah   sesuai   gunakan   proses DSDM.

2.        Business Study

 susun   kebutuhan   fungsional   dan informasi,   tentukan   arsitektur   aplikasi dan ifentifikasi kebutuhan pemeliharaan untuk aplikasi.

3.       Functional model iteration

 hasilkan   incremental   prototype   yang perlihatkan   fungsi   software   ke   klien untuk   dapatkan   kebutuhan   lebih   jelas dan konfirmasi.

4.       Design and Build iteration

 Cek   ulang   prototype   yang   dibangun untuk   pastikan   bahwa   prototype dibangun   dengan   cara   yang memungkingkan   fungsi  tersebut  benar-benar bekerja.

5.       Implementation

menempatkan software pada lingkungan sebenar  sekalipun  belum  lengkap,  atau masih ada perubahan.


C.   Konsep Dasar Android

Android adalah sebuah sistem operasi perangkat mobile berbasis linux yang   mencakup   sistem   operasi, middleware   dan   aplikasi.  Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka. Android merupakan generasi baru platform mobile yang memberikan kesempatan  kepada  pengembang  untuk melakukan pengembangan sesuai dengan yang diharapkan. Sistem operasi yang   mendasari   Android   merupakan lisensi di bawah naungan GNU, General Public   License   Versi   2(GPLv2),   yang biasa   dikenal   dengan   istilah   Copyleft. Istilah   copyleft   ini   merupakan   lisensi yang setiap perbaikan oleh  pihak ketiga harus terus jatuh di bawah terms


D. Teori Uml

UML adalah bahasa pemodelan standar yang memiliki sintak dan semantik. UML (Unified   Modeling Language) adalah bahasa pemodelan untuk sistem atau perangkat  lunak yang berparadigma (berorientasi   objek). Pemodelan (modeling) sesungguhnya digunakan untuk penyederhanaan permasalahan-permasalahan yang kompleks sedemikian rupa sehingga lebih mudah dipelajari dan dipahami.


A. Perancangan   Aplikasi “YukSholat” Berbasis Android.

Perancangan   aplikasi   mobile “YukSholat”   merupakan   sebuah aplikasi   yang   berfungsi mengingatkan   kita   sholat, menunjukan   arah   kiblat,   berisikan doa-doa   sesudah   sholat   dan   doa setelah azan.


B. Metode Yang Digunakan

Saya   menggunakan   Metode Dynamic   System   Development Method   (DSDM),   bertujuan   untuk membuat suatu   aplikasi yang   cepat namun   juga   akurat   serta penggunaannya   yang   efisien   dan yang pastinya lebih menguntugkan. 




Gambar 1. Class Diagram


Gambar 2. Sequense Diagram


Gambar 3. Use Case Diagram



Gambar 4. Activity Diagram