Perkembangan Aplikasi Berbasis Android
Dijaman yang modern ini perkembangan teknologi sudah sangat berkembangan, banyak orang yang memanfaatkan hal ini dengan berkontribusi dalam perkembangan teknologi saat ini, seperti penggunaan smartphone berbasis android maupun IOS. Penggunaan smartphone berbasis android dan IOS sangat membantu manusia dalam berbagai hal dan bermacam aspek, selain penggunaannya yang mudah dan juga praktis dapat dibawa kemana-mana. Namun dengan perkembangan teknologi juga membuat manusia lalai dalam urusan agama, teknologi membuat manusia terlalu sibuk dengan urusan duniawi dan melupakan akhirat, dan bahkan juga lupa akan waktu sholat, dengan hal tersebut dibutuhkan sebuah aplikasi yang tidak hanya membantu kita dalam hal duniawi saja namun juga membantu kita pada akhirat oleh karena itu di perlukan aplikasi yang menentukan kearah kebaikan aplikasi yang dapat mengingatkan kita pada waktu shlat dan sekaligus penentu arah kiblat yang dapat membantu kita dalam beribadah. Maka dari itu penulis menulis makalah "perancangan aplikasi mobile Yuk Sholat".
A. Agile Method
Merupakan salah satu dari beberapa metode yang digunakan dalam pengembangan software. Agile method adalah jenis pengembangan sistem jangka pendek yang memerlukan adaptasi cepat dan pengembangan terhadap perubahan dalam bentuk apapun. Agile Developmen Method memiliki 12 prinsip, yaitu :
1. Prioritas utama proses Agile adalah memuaskan klien dengan menghasilkan perangkat lunak yang bernilai dengan cepat dan rutin.
2. Menyambut perubahan kebutuhan, walaupun terlambat dalam pengembangan perangkat lunak, proses Agile memanfaatkan perubahan untuk keuntungan kompetitif klien.
3. Menghasilkan perangkat lunak yang bekerja secara rutin, dari jangka waktu beberapa minggu sampai beberapa bulan, dengan preferensi kepada jangka waktu yang lebih pendek.
4. Rekan bisnis dan pengembang perangkat lunak harus bekerja sama tiap hari sepanjang proyek.
5. Kembangkan proyek di sekitar individual yang termotivasi. Berikan mereka lingkungan dan dukungan yang mereka butuhkan dan percayai mereka untuk menyelesaikan pekerjaan dengan baik.
6. Metode yang paling efisien dan efektif untuk menyampaikan informasi dari dan dalam tim pengembang perangkat lunak adalah dengan komunikasi secara langsung.
7. Perangkat lunak yang bekerja adalah ukuran utama kemajuan.
8. Proses Agile menggalakkan pengembangan berkelanjutan. Sponsor-sponsor, pengembang-pengembang, dan pengguna-pengguna dapat mempertahankan kecepatan tetap secara berkelanjutan.
9. Perhatian yang berkesinambungan terhadap keunggulan teknis dan rancangan yang baik meningkatkan Agility.
10. Kesederhanaan (memaksimalkan sumber daya yang tersedia) adalah hal yang amat penting.
11. Arsitektur, kebutuhan, dan rancangan perangkat lunak terbaik muncul dari tim yang yang dapat mengorganisir diri sendiri.
12. Secara berkala, tim pengembang berefleksi tentang bagaimana untuk menjadi lebih efektif, kemudian menyesuaikan dan menyelaraskan kebiasaan bekerja mereka
B. Dynamic System Development Method (DSDM)
Method yang digunakan dalam pengembangan aplikasi ini adalah Dynamic System Developmen Method (DSDM). Pada Dynamic System Development Method menyajikan kerangka kerja (framework) untuk membangun dan memelihara system dalam waktu yang terbatas melalui penggunaan prototyping yang incremental dalam lingkungan yang terkondisikan. Metode ini akan membangun software dengan cepat 80% dari proyek diserahkan dalam 20% dari waktu total untuk menyerahkan proyek secara utuh.
Dynamic System Development Method memiliki beberapa aktivitas seperti :
1. Feasibility study
siapkan requirement, dan batasan, lalu uji apakah sesuai gunakan proses DSDM.
2. Business Study
susun kebutuhan fungsional dan informasi, tentukan arsitektur aplikasi dan ifentifikasi kebutuhan pemeliharaan untuk aplikasi.
3. Functional model iteration
hasilkan incremental prototype yang perlihatkan fungsi software ke klien untuk dapatkan kebutuhan lebih jelas dan konfirmasi.
4. Design and Build iteration
Cek ulang prototype yang dibangun untuk pastikan bahwa prototype dibangun dengan cara yang memungkingkan fungsi tersebut benar-benar bekerja.
5. Implementation
menempatkan software pada lingkungan sebenar sekalipun belum lengkap, atau masih ada perubahan.
C. Konsep Dasar Android
Android adalah sebuah sistem operasi perangkat mobile berbasis linux yang mencakup sistem operasi, middleware dan aplikasi. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka. Android merupakan generasi baru platform mobile yang memberikan kesempatan kepada pengembang untuk melakukan pengembangan sesuai dengan yang diharapkan. Sistem operasi yang mendasari Android merupakan lisensi di bawah naungan GNU, General Public License Versi 2(GPLv2), yang biasa dikenal dengan istilah Copyleft. Istilah copyleft ini merupakan lisensi yang setiap perbaikan oleh pihak ketiga harus terus jatuh di bawah terms
D. Teori Uml
UML adalah bahasa pemodelan standar yang memiliki sintak dan semantik. UML (Unified Modeling Language) adalah bahasa pemodelan untuk sistem atau perangkat lunak yang berparadigma (berorientasi objek). Pemodelan (modeling) sesungguhnya digunakan untuk penyederhanaan permasalahan-permasalahan yang kompleks sedemikian rupa sehingga lebih mudah dipelajari dan dipahami.
A. Perancangan Aplikasi “YukSholat” Berbasis Android.
Perancangan aplikasi mobile “YukSholat” merupakan sebuah aplikasi yang berfungsi mengingatkan kita sholat, menunjukan arah kiblat, berisikan doa-doa sesudah sholat dan doa setelah azan.
B. Metode Yang Digunakan
Saya menggunakan Metode Dynamic System Development Method (DSDM), bertujuan untuk membuat suatu aplikasi yang cepat namun juga akurat serta penggunaannya yang efisien dan yang pastinya lebih menguntugkan.